Cara Memotong Tanduk Kambing


Memotong Tanduk Kambing
Kambing dewasa suka berkelahi. Akibatnya timbul luka-luka karena terkena tanduknya yang panjang. Untuk mencegah terjadinya luka-luka, alangkah baiknya tanduk dari hewan yang masih muda dihilangkan. Penghilangan ini akan berlangsung mudah dan aman,  kalau kambing yang akan di hilangkan tanduknya baru berumur sekitar 3 minggu.

Untuk menghilangkan tanduk ini diperlukan pipa besi berdiameter 2 cm yang panjangnya 46 cm. Pipa besi ini pada salah satu ujungnya dipasang tongkat kayu sebagai pegangan. Alat lainnya adalah gunting dan tungku pembakar. Cara menghilangkan tanduk adalah sebagai berikut

  1. Bulu di sekitar tanduk digunting bersih,  dan cuci daerah tersebut dengan sabun,  lalu keringkan dengan kapas yang bersih.
  2. Pipa besi dibakar dalam tungku. Lalu tempelkan bagian yang merah membara itu sehingga membakar kulit di sekitar tunas tanduk. Perlakuan ini sangat cepat,  hanya berlangsung sekitar 2 detik saja.  Jangan berlangsung lebih lama,  karena bisa merusak sel otak.
  3. Tunas tanduk yang benar-benar terbakar,  mudah sekali dikelupas.  Luka akibat pengelupasan, diobati dengan bubuk antibiotika. Lalu kambingnya disuntik dengan obat tetanus antitoksin.
  4. Tunas tanduk yang betul betul tercabut akan menumbuhkan tanduk lagi.
Bersamaan dengan pencabutan tanduk pada anak kambing jantan, dilakukan pula penghilangan bau. Caranya. dengan membakar daerah lingkaran di bawah tanduk.  Perlakuan ini dapat mengurangi bau tak sedap pada kambing jantan, setelah dewasa nanti.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Infeksi Puser pada Kambing dan Penyebabnya

Cara Menentukan Masa Perkawinan Kambing