Perawatan Kuku dan Tanduk Kambing


Perawatan Kuku
Kambing yang diternak di dalam kandang jarang sekali berjalan jalan sampai jauh, sehingga kukunya tak pernah terasah oleh batu-batuan dan tanah yang keras. Akibatnya, kukunya akan tumbuh lebih cepat dari pada ausnya kuku itu sendiri, sehingga kuku kakinya tumbuh kelewat panjang. Kambing yang digembalakan lebih sering berjalan jauh. Kukunya lebih sering terasah kalau berjalan di atas tanah yang keras dan berbatu-batu, sehingga tidak sampai tumbuh terlalu panjang.

Kuku kakinya yang tumbuh panjang itu dapat menjadi hambatan baginya dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti naik turun kandang, berialan mendapatkan pakan dan minuman, atau berdiri dengan baik sewaktu melakukan perkawinan. 

Kuku kaki yang terlalu panjang tumbuhnya menyebab kan kambing susah berjalan. Ketika berjalan -jalannya timpang. Sikap berjalan serupa itu menyebabkan kambing mudah jatuh cedera.  Kalau yang jatuh itu kambing yang sedang bunting, bisa mengakibatkan keguguran. 

Setiap tiga bulan sekali kuku kambing yang diternak secara intensif dalam kandang sebaiknya diperiksa. Pertumbuhan kuku kakinya terhalu panjang. Potonglah bagian yang terlalu panjang itu dengan pisau agar rata. Pemotongannya dilakukan hati-hati, sedikit demi sedikit pakai pisau kacip yang khusus dipakai untuk memotong kambing. Pemotongan kuku pakai berbentuk normal seperti semula atau seperti bentuk kuku kambing yang masih baik keadaannya.

Cara Memotong Tanduk Kambing

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Infeksi Puser pada Kambing dan Penyebabnya

Cara Menentukan Masa Perkawinan Kambing

Cara Memotong Tanduk Kambing