Fase Pertumbuhan Tebu


Fase Fase Pertumbuhan Tebu

Daur kehidupan tanaman tebu dimulai dari
  • Fase Perkecambahan dimulai dengan pembentukan taji pendek dan akar stek pada umur 1 minggu dan diakhiri pada fase kecambah pada umur 5 minggu. 
  • Fase Pertunasan  mulai dari umur 5 minggu sampai umur 3,5 bulan,
  • Fase Pemanjangan batang pada umur 3,5 bulan sampai 9 bulan
  • Fase Kemasakan merupakan fase yang terjadi setelah pertumbuhan vegetatif menurun dan sebelum batang tebu mati
  • Fase Kematian pada tahap ini gula di dalam batang tebu mulai terbentuk sampai titik optimal, kurang lebih pada bulan Agustus, dan setelah itu rendemennya berangsur-angsur menurun tahap pemasakan inilah yang disebut dengan tahap penimbunan rendemen gula. Proses terbentuknya gula di dalam batang tebu dapat digambarkan sebagai berikut
     Pada gambar ini terlihat jelas bahwa rendemen berada pada masa optimal sekitar bulan agustus, Setelah itu berangsur angsur turun sampai titik akhir pada fase kematian tanaman.
      Proses terbentuknya rendemen gula di dalam batang tebu berjalan dari ruas ke ruas yang tingkat kemasakannya tergantung pada uur ruas. Ruas dibawah lebih tua, lebih banyak kandungan gula dibandung ruas di atasnya, oleh karena itu tebu dikatakan suda mencapai masak optimal apabila kadar gula di spanjang batang telah seragam, kecuali beberapa rias dibagian atas.

Proses Kemasakan


Tanaman Tebu Masak

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Infeksi Puser pada Kambing dan Penyebabnya

Cara Menentukan Masa Perkawinan Kambing

Cara Memotong Tanduk Kambing